Cara Membuat Menu/Navigasi Breadcrumbs di Blogger/Blogspot

,

Menu/Navigasi Breadcrumbs adalah navigasi yang berada di bagian atas posting dan menunjukkan urutan isi halaman dari rootnya (Home) hingga ke posting/artikel.

Menu ini sering ditemui di blog/website berplatform WordPress, dimana urutan navigasinya dimulai dari Home > Parental Category > Subcategory > Posting. Di Blogger/Blogspot, kita juga dapat melakukan hack navigasi breadcrumbs dengan berdasarkan pada label: Home > Label > Posting. Menu ini akan muncul pada halaman posting, label, arsip, dan tidak muncul di bagian homepage.


 

Menu/navigasi breadcrumbs juga membantu meningkatkan SEO dan SERP, yaitu dalam pemetaan oleh search engine dan juga menambah kepadatan keyword, mengingat letaknya yang berada di bagian atas posting. 

Cara Membuat Menu/Navigasi Breadcrumbs di Blogger/Blogspot:
1. Masuk ke dashboard > Design/Rancangan > Edit HTML, jangan lupa centang (check) "Expand Widget Templates" di pojok kanan atas kotak edit HTML.
2. Cari (gunakan Ctrl+F) ]]> dan masukkan aturan CSS berikut di ATAS-nya:

.breadcrumbs {padding: 5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 15px 0px; font-size:95%; line-height:1.4em; border-bottom:3px double #e6e4e3;}

3. Cari (Ctrl+F) kemudian tambahkan kode ini TEPAT di BAWAH/SETELAH-nya:




















5. Pastikan semua kode telah di-copy dan diletakkan dengan benar, lalu save.

note: karena banyaknya problem yang disampaikan ketika mengedit, perhatikan benar-benar instruksinya serta pahami istilah di bawah/setelah serta di atas/sebelum, itu berarti letakkan kode benar-benar setelah atau sebelum kode yang dicari. Contoh:

Kita lihat di situ ada 2 tag bersisian, jika anda harus memasukkan tag/kode baru di bawah/setelah , itu berarti anda harus meletakkan benar-benar setelahnya, sehingga harus digeser posisinya, atau kode/tag baru disisipkan di antara keduanya, jadinya:

 

Enjoy menu breadcrumbs baru di Blog Blogger/Blogspot anda!

http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/05/cara-membuat-menu-breadcrumbs-blogger.html

1 Comment:

  1. Very informative post! There is a lot of information here that can help any business get started with a successful social networking campaign! Please check out my web situs as well and let me know what you think.

    BalasHapus