Software (Perangkat Lunak) Komputer

,
Software atau Perangkat Lunak adalah program yang berisi instruksi/ perintah untuk melakukan pengolahan data. Seperangkat hardware yang membentuk sebuah PC (Personal Computer) lengkap tidak dapat bekerja tanpa software di dalamnya. Software ini yang mengontrol seluruh jalannya perangkat keras yang ada.
Ada beberapa jenis program komputer yang digolongkan dalam software, yaitu operating system, program aplikasi, dan driver hardware.

Operating System
Operating System atau biasa disebut dengan sistem operasi komputer adalah sekumpulan program komputer yang saling terintegrasi, yang mengelola penggunaan perangkat keras yang ada pada sebuah komputer.
Fungsi sistem operasi antara lain untuk manajemen disk dan file, manajemen prosesor, manajemen memory, kontrol tampilan dan suara, dan sebagainya. Pendek saja, sistem operasi ini mengontrol seluruh hal yang terjadi dalam operasional sebuah komputer.
Berikut macam-macam sistem operasi yang ada :
  1. Microsoft DOS (Disk Operating System)
  2. Microsoft Windows
  3. Linux
  4. Mac OS
  5. IBM O/S 2 Warp
  6. UNIX

Program Aplikasi
Program Aplikasi merupakan program yang berjalan pada sistem operasi, dan dibuat untuk membantu user mengerjakan sesuatu untuk meningkatkan produktivitasnya.

Ada banyak sekali jenis aplikasi, diantaranya :
  1. Aplikasi bisnis dan perkantoran.
  2. Aplikasi untuk hiburan dan entertainment.
  3. Aplikasi untuk komunikasi.
  4. Aplikasi grafis dan multimedia.
  5. Aplikasi teknik (CAD/CAM).
  6. Aplikasi untuk utility dan anti virus.
  7. Aplikasi untuk pemrograman komputer.
  8. Aplikasi server.

Driver Hardware
Driver Hardware adalah aplikasi yang dibuat agar hardware dapat berkomunikasi dengan sistem operasi. Driver dibuat oleh produsen pembuat hardware. Misalnya perusahaan HP, mereka membuat Driver untuk printer-printer produksi mereka. Setiap hardware yang dijual, selalu disertai dengan driver buatan pabriknya. Tanpa driver, sebuah hardware tidak dapat dikontrol dari PC.

Nah, itulah sedikit pembahasan tentang Perangkat Lunak yang terdapat pada sebuah komputer. Dan semoga bermanfaat buat Sobat.

Hatur nuhun ....

0 Comment to “Software (Perangkat Lunak) Komputer”

Posting Komentar